25 January, 2020

5 Sistem Operasi atau OS Alternatif Selain Andorid & iOS


Android merupakan OS (Operating System) atau Sistem Operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Sejak diluncurkan pertama pada November tahun 2007 hingga kini sudah mencapai 74% pengguna perangkat mobile di seluruh dunia menggunakan Android.

Sedangkan rivalnya, yaitu iOS hanya mencapai 24% pengguna di seluruh dunia. Hal ini wajar karena iOS sendiri merupakan OS yang hanya dapat berjalan di perangkat iPhone.

Namun yang perlu kamu ketahui, ternyata ada beberapa OS alternatif selain kedua OS tersebut. Apa saja OS alternatif tersebut, yuk simak berikut ini.

1. Windows Phone


Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini diluncurkan pertama kali pada 21 Oktober 2010 di Eropa, Singapura, dan Australia pada 21 Oktober 2010 dan di AS dan Kanada pada 8 November 2010, dan di Asia pada awal tahun 2011.

Windows Phone adalah penerus dari Windows Mobile yang sebelumnya sudah ada. Microsoft Lumia atau Nokia Lumia merupakan salah satu perangkat yang menggunakan Windows Phone ini.

Namun sayangnya Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows Phone pada 9 Oktober 2018. Yang terhenti pada seri windows 10 1511.

2. Ubuntu Touch



Ubuntu Touch atau yang biasa dikenal Ubuntu Mobile merupakan OS yang versi mobile dari Sistem Operasi Ubuntu yang biasa ada di PC. Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Canonical Ltd dan juga komunitas Ubuntu.

Tampilan user interface yang ringkas dan nyaman tidak akan membuat kalian kesulitan ketika mencobanya pertama kali. Untuk mengakses aplikasi pun tidak sulit, karena daftar aplikasi ada dibagian sebelah kiri kamu tinggal scroll ke atas atau ke bawah untuk memilih aplikasi.

3. Firefox OS



Ya kamu gak salah baca, nama firefox yang biasanya kita kenal sebagai aplikasi web browser, yaitu Mozilla Firefox ternyata juga mengembangan OS nya sendiri yang diberi nama Firefox.

Firefox OS ini pertama kali dirilis pada tahun 2013, dan digadang-gadang akan menyaingi Android dan iOS.

Tetapi sayang, beberapa tahun kemudian pihak Mozilla menghentikan pengambangannya dengan berbagai alasan, salah satunya karena kurangnya minat konsumen terhadap Sistem Operasi ini. 

4. Sailfish

Sailfish merupakan Sistem operasi yang berbasis Linux dan dikembangkan oleh Helsinki oleh vendor perangkat pintar bernama Jolla. Mereka menyematkan pada smartphone dan tablet kembangannya.

Keunggulan dari OS ini adalah fitur antarmuka atau interface nya yang berbasis gesture. OS ini menghilangkan kebutuhan perangkat pintar terhadap tombol fisik. Seperti halnya OS berbasis open source lainnya, Sailfish juga dapat mendukung berbagai macam jenis perangkat yang berbeda.

5. Tizen

Sistem Operasi ini mulai populer ketika Samsung menyatakan ingin mengembangkan OS Tinzen ini agar mereka dapat mandiri dari Android.

Bukan hanya Samsung yang menyukai Tinzen, tetapi juga oleh perusahaan besar perangkat pintar lainnya seperti Intel, Huawei, Fujitsu, Orange, Panasonic dan Vodafone.

Sistem Operasi open source ini berbasiskan pada teknologi HTML 5, yang memungkinkan siklus pengembangannya lebih pendek dan lebih krusial.

OS ini pun telah dirancang untuk dapat bekerja tidak hanya pada smartphone, tetapi juga pada perangkat lain seperti tablet, televisi pintar, dan wearable device.

Samsung juga telah memulai debut Tizen, salah satunya melalui smartphone mereka Samsung Z2 dan juga Galaxy Gear.



Bagaimana? cukup beragam kan, OS ternyata tidak hanya Android dan iOS. Apakah kalian ingin mencoba salah satu OS tersebut atau mungkin ada yang sudah pernah menggunakannya.