Tuesday, March 7, 2017

Honda Ciptakan Motor Anti Jatuh


"Pabrik Otomotif asal Jepang, Honda  kini mengeluarkan  Motor  yang  bisa  berdiri  sendiri  waw keren bukan,  siapakah  dia  itu?"

Tak heran teknologi yang semakin canggih mulai  merubah motor yang tadinya berdiri dengan bantuan manusia sekarang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan manusi sungguh menabjubkan bukan.

Honda memperkenalkan teknologi baru bernama Honda Riding Assist. Perangkat ini membantu pengendara menyeimbangkan motor di bawah kecepatan 3 mil/h. Teknologi Honda Riding Assist ternyata sangat kompleks.

Tidak hanya mengandalkan sebuah system gyroscopic hi-tech untuk menyeimbangkan motor. Honda Riding Assist juga mengunakan system keseimbangan yang dimiliki robot Asimo dan Uni-Cub mobility scooter yang dikembangkan Silicon Valley R&D Centre. Seluruh algoritma dari ketiga teknologi tersebut dikembangkan menjadi satu kesatuan pada sistem Honda Riding Assist.

Honda menggunakan electronic steer-by wire system yang memungkinkan setang tidak terkoneksi dengan suspensi depan di bawah 3 mph. Saat itu semuanya perangkat dikontrol oleh komputer. Jadi saat kecepatan di bawah 3 mph, dengan otomatis setang akan belok-belok kanan dan kiri untuk menyeimbangkan motor tersebut. Nah, pada Honda Riding Assist semuanya dikontrol secara elektronik..

Selain setang, komputer juga mengubah titik gravitasi. System suspensi depannya memungkinkan motor untuk mengurangi centre of gravity untuk menjaga keseimbangan. Tujuannya agar motor tetap berdiri tegak. “Ini tidak mengajari orang untuk menyeimbangkan, melainkan supaya lebih santai ketika mengendalikan motor agar tidak jatuh.

Jadi ketika pemilik motor lompat dari motor ia akan tetap bisa berdiri sendiri tanpa  harus menurunkan standarnya terlebih dahulu, dan mampu mengoreksi posisi (self-correct) seandainya di dalam perjalanan terjadi gangguan pada keseimbangan motor.
Bukan hanya itu, menurut juru bicara Honda, Sage Marie, motor ini juga bisa dilengkapi dengan fitur self-driving. Ia mencontohkan, pengendaranya bisa turun di pinggir jalan, langsung masuk restoran, sementara motor bisa menemukan parkirnya sendiri.

Riding Assist cocok untuk pencinta turing karena disain motrnya sang mewah dan yaman untuk  para pengendara, jika motor ini digunakan untuk turing setiap hari akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan, Namun teknologi ini bukan tanpa cela. Masih ada kelemahan pada Honda Riding Assist yang sempurna di dunia itu tidak ada, di antaranya masih dibutuhkannya semacam alat bantu yang mencuat di samping kanan dan kiri motor, namun tidak menyentuh tanah. Honda menyebut bagian ini nantinya akan dihilangkan.

Berikut ini video teknologi Honda Riding Assist :


2 comments


EmoticonEmoticon