Friday, March 24, 2017

5 Teknologi Terbaru Di Dunia Otomotif

Perkembangan teknologi bukan hanya terjadi pada gadget saja tetapi juga pada otomotif. Kemajuan yang sangat pesat dalam dunia industri otomotif melalui berbagai inovasi baru bahkan menjadi salah satu teknologi revolusioner. Dunia otomotif sekarang ini tengah bersiap untuk mobil masa depan yang dapat berjalan tanpa sopir hingga rumor akan adanya mobil terbang di tahun 2017. Namun sekarang mobil tanpa supir sudah ada dan di uji coba oleh perusahaan Google dan Uber, tinggal mobil terbang yang belum terwujud.
Jika benar mobil terbang ini ada, tentu dunia ini di masa depan akan sangat canggih dengan segala kemudahan dan kepraktisan. Semua yang terjadi saat ini dan akan terjadi di kemudian hari tentu tidak lepas dari peran besar para penemu dan ilmuwan ratusan tahun silam.
Saat ini, telah banyak ditemukan berbagai teknologi otomotif canggih. Perkembangan tersebut juga menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin kompleks. Para produsen besar otomotif telah mendesain teknologi yang mutakhir. Berikut adalah beberapa terobosan baru dalam dunia otomotif yang sangat berguna.
1.   Cloud Computing untuk Mobil
Teknologi cloud computing sedang sangat populer untuk saat ini. Hal ini membuat sebuah perusahaan mobil berniat untuk menggunakan teknologi tersebut.
Perusahaan Ford yang sedang mengembangkan perangkat informasi ini.
Nantinya, pengendara tidak hanya dapat mengetahui batas kecepatan, kondisi lalu lintas, dan daerah bebas macet. Perusahaan Ford yang menggandeng Apple untuk memanfaatkan keberadaan internet dan media sosial. Ke depannya, Perusahaan Ford akan membantu pengendara mobil untuk mendapat informas jalur lalu lintas dengan tepat dan jelas.
2.   Mesin Kecil Berperforma Tinggi
Saat ini perusahaan mobil tengah gencar yang menciptakan mesin irit bahan bakar, namun ber CC tingi. Salah satunya Mercedes Benz dan BMW. Dua perusahaan besar mobil ini mengenalkan mesin empat silinder yang dapat menghemat bahan bakar. Perusahaan mobil Ford dan GM juga tengah menguji coba mesin 1.000 CC yang menggunakan tiga silinder dan direct injection.
3.   Baterai Hibrida Berukuran Kecil
Pengembangan mobil hibrida masih menjadi persoalan terkait baterai yang memiliki ukuran cukup besar. Menyikapi hal tersebut, perusahaan Chevy Volt dan Nissan Leaf mencoba menciptakan solusi. Dua perusahaan tersebut mengembangkan baterai dengan ukuran kecil.
Baterai lama dengan ukuran yang besar dan berat diganti menggunakan bahan lithium superionic conductors agar berat dan ukuran baterai dapat dikurangi. Baterai tersebut di beri nama Sakti 3 & Planar Energy. Baterai brukuran kecil ini diklaim dapat terwujud dalam lima tahun ke depan.
4.   Ban yang Dapat Isi Angin Sendiri

Salah satu Perusahaan besar ban Goodyear, sedang mengembangkan sebuah produk Air Maintenance Technology (AMT), yaitu ban yang dapat otomatis mengisi angin sendiri. Teknologi ini memanfaatkan rongga kecil yang terhubung ke ban dalam. Hasil teknologi tersebut ditempelkan di dinding dalam ban utama.
Angin secara otomatis terisi ketika ban sedang berputar. Angin masuk lewat sebuah pintu pengontrol. Angin kemudian akan menyebar ke saluruh bagian ban agar seimbang. Angin yang masuk akan otomatis teratur sesuai dengan kebutuhan ban.
5.   Sistem Pembakaran (Busi) dengan Masa Pakai Yang Lama


Mercedes Benz telah selesai melakukan penelitian yang, bahwa busi konvensional kewalahan dalam ketika melakukan pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar. Yang hasilnya malah membuat mobil mengeluarkan leboih banyak gas.Para ilmuwan di Mercedes Bens lalu melakukan uji coba dengan beberapa busi yang dinilai lebih mendukung pembakaran. Uji coba dilakukan pada mesin 3,5 liter V6. Hasilnya pembakaran yang terjadi lebih sempurna. Sistem pengapian pun dapat lebih tahan lama dan bahan bakar bisa dihemat hingga 10 persen.

1 comments


EmoticonEmoticon